Mengenal Penulis Perempuan Jepang  Lewat  ‘Gincu Sang Mumi’ karya Tamura Toshiko

Tema: Mengenal Penulis Perempuan Jepang Lewat “Gincu Sang Mumi” karya Tamura Toshiko

Waktu: Sabtu, 4 Juni 2022, 10.00 – 12.00 WIB

Pada bulan April 2022 lalu, Penerbit Mai merilis sebuah buku yang ditulis oleh perempuan Jepang, Tamura Toshiko, pada tahun 1914an. Novel ini merupakan karya semi autobiografi penulis yang menceritakan bagaimana kondisinya menjadi penulis perempuan di Jepang pada masa itu.

Sebenarnya, bagaimana kondisi penulis perempuan di Jepang pada masa lalu? Apakah ini mempengaruhi bagaimana karya penulis perempuan Jepang pada masa sekarang? Berkolaborasi dengan Penerbit Mai kami mengadakan diskusi, mengundang Mbak Rouli Esther Pasaribu, seorang peneliti Kajian Gender, Sastra, dan Budaya Populer Jepang di Indonesia. Diskusi ini juga dihadiri oleh Asri Pratiwi Wulandari, penerjemah ‘Gincu Sang Mumi’.

Diskusi ini dihadiri oleh 34 orang.

Diskusi dapat ditonton ulang melalui siaran tunda pada kanal YouTube kami berikut ini:

Dokumentasi Diskusi


Mengenal Perpustakaan Masyarakat di Sekitar Kita

Tema: ‘Mengenal Perpustakaan Masyarakat di Sekitar Kita’

Kamis, 2 Juni 2022, 19:00 – 20:00

Tentang Kegiatan:

Akhir tahun lalu, kami dari BBBBookClub mengadakan survey, salah satunya tentang kendala dalam membaca buku. Hasil survey tersebut 3 besar kendala membaca dari responden adalah distraksi dari media lain, membaca belum menjadi prioritas, dan sulitnya akses ke buku. Untuk mencoba mengurai permasalahan yang terakhir, kami mengadakan program BBBxPerpus, sebuah program yang akan menampilkan fitur perpustakaan umum atau komunitas. Siapa tahu, ada perpustakaan di sekitar Buibu dan Manteman yang bisa menjadi sarana tempat Buibu dan Manteman berbagi bacaan.

Kali ini, kami akan mengajak Buibu dan Manteman berkenalan dengan Forum Taman Bacaan Masyarakat Jawa Barat, sebuah organisasi yang mengordinasikan taman bacaan dan perpustakaan komunitas di Jawa Barat yang berikhtiar mengembangkan gerakan literasi khususnya di Jawa Barat.

Untuk itu, kita akan ngobrol bersama Ummi Aam Siti Aminah, seorang relawan penggiat literasi yang juga ketua FTBM Jawa Barat, @forumtbm_jabar.

Rekaman Diskusi


Temu & Diskusi Virtual – Today I Learned: SilaturahMEI

Minggu Malam, 29 Mei 2022
19:00 WIB – 20:00 WIB
via Zoom

Kali ini, kami coba mengenalkan format diskusi bulanan yang baru, yang diberi nama ‘Today I Learned’. Para peserta dapat membawa satu buku yang sedang atau sudah dibaca dan bagikan satu-dua hal menarik (bisa trivia, funfact, dan sebagainya) yang didapat dari buku tersebut.

Semua hal yang dibagi ini kemudian dikumpulkan ke dalam collaborative slide yang dapat diisi dan diakses bersama-sama oleh semua peserta.

Contoh collaborative slide

Diskusi ini diikuti oleh 35 peserta dari 93 pendaftar. Sesuai konsep yang santai dan dibagi ke dalam break out rooms, tidak ada dokumentasi berupa foto atau screenshot layar Zoom untuk kegiatan ini.


Arisan Buku #1 2022 – Menjenguk Perasaan Kanak-Kanak

Tema: Rewind, Unwind: Menjenguk Perasaan Kanak-Kanak, Melihat Kembali Dunia

Arisan Buku adalah kolaborasi dengan Hariku, brand home and loving lokal yang sejak 2014 membawa misi pengembangan dan pemberdayaan perempuan dan @WangsaJelita, brand yang konsisten mempromosikan well-being.

Kami menyediakan sebuah paket Mystery Box yang berisi salah satu buku sesuai tema yang bisa dipilih dan berbagai merchandise untuk mendukung kegiatan membaca.

Mystery Book, dikurasi oleh Buibu Baca Buku Book Club

Tema kedua untuk bulan Juli adalah ‘Menjenguk Perasaan Kanak-Kanak, Melihat Kembali Dunia’! Setelah baca buku-bukunya, kami mendiskusikan buku-buku tersebut via zoom pada

Waktu: Sabtu, 14 May 2022, 08.00 WIB

Platform: Zoom

Dokumentasi Webinar dan Diskusi


Temu & Diskusi Virtual: Insights dari Survey Buibu Baca Buku 2021

Tema: Berbagi insights dari Survey Buibu Baca Buku 2021

Waktu: Minggu Pagi, 24 April 2022, 10.00 – 12.00 WIB

Akhir tahun 2021 lalu kami mengadakan survey terkait kegiatan membaca buku, kendala yang dihadapi dan kegiatan-kegiatan yang memotivasi seseorang untuk membaca buku.

Survey ini menerima jawaban dari 770 responden dari 127 kota di 11 negara, dan rentang usia dari yang berusia kurang dari 20 tahun sampai lebih dari 46 tahun. Dari total keseluruhan, 292 responden mengidentifikasi dirinya memiliki anak.

Pada temu virtual bulan April ini kami mempresentasikan hasil dan insights yang kami dapat sebagai komunitas yang bergerak di bidang literasi. Report dan presentasi selengkapnya dapat dicek pada laman buibubacabuku.com/survey2021.

Dokumentasi Diskusi


Buku Bertema Lingkungan & Minimalisme

Narasumber: Visya & Puty Puar

Tentang:

Salah satu dampak praktik hidup minimalism adalah kita jadi lebih bijak dalam menganbil keputusan termasuk membeli, kita juga jadi lebih aware soal dampaknya terhadap lingkungan atau bumi.

Ya, ternyata minimalisme dan isu lingkungan punya hubungan lho! Dalam rangka memperingati Hari Bumi kami ngobrol bersama Minimalist Moms Indonesia dalam acara:

IG Live Sharing
REKOMENDASI BUKU BERTEMA LINGKUNGAN & MINIMALISME: Ngobrolin Buku Sustaination, Hemat (Sampah) Pangkal Kaya & Goodbye Things.

Kamis, 14 April 2022
pukul 16.00 – 17.00 WIB
via Live Instagram @minimalistmomsmid & @bbbbookclub

Ulasan Buku

Rekaman Diskusi