Sisi Lain Aktivisme: Online Book Club

Kolaborasi dengan Plain Feminism

Platform: IG Live

Waktu: Minggu, 23 Mei 2021. 19:00 WIB

Tentang: Sisi Lain Aktivisme: Online Book Club: Let Your Mind Explore, Read More

Plain Feminism adalah sebuah komunitas kepemudaan seni-kreatif non-profit yang bergerak sebagai media penyebaran edukasi feminisme tingkat dasar yang bertujuan untuk meluruskan pandangan tentang feminisme dan menghapus stigma feminis dengan pendekatan yang asertif, mudah dipahami, dan santun melalui konten feed Instagram, artikel website plainmovement.id, diskusi internal, webinar publik, dan live Instagram.

Live Instagram Plain Feminism bulan ini mengangkat tema Sisi Lain Aktivisme. Tema ini bertujuan untuk menggali latar belakang penyebab suatu gerakan disuarakan, memberikan kesadaran kepada audiens Instagram bahwa setiap kegiatan aktivisme memiliki motif distingtif dan gerakan invitatif bagi siapapun untuk mengambil sikap cepat dalam berbagai bentuk dan cara.

Aktivisme merupakan upaya untuk membawa perubahan sosial. Di Indonesia sendiri, aktivisme melalui pergerakan sosial berhasil mengangkat isu mengenai kesetaraan gender, kebebasan berekspresi, dan perlindungan ketenagakerjaan. Dalam isu kesetaraan gender, semangat emansipasi telah mendorong perempuan untuk memiliki kesempatan yang sama dengan laki-laki dengan berkiprah dalam berbagai aspek.

Terlepas dari peran besar perempuan, mereka masih kerap mengalami diskriminasi. Fakta sejarah mengungkapkan penyebab utama terjadinya diskriminasi terhadap perempuan adalah kurangnya pendidikan perempuan. Dalam pendidikan, membaca merupakan hal pokok yang bertujuan untuk memperoleh informasi serta menambah wawasan, juga membuka pikiran. Berdasarkan beberapa survei, salah satunya yang dilakukan pada tahun 2011 oleh UNESCO, menyatakan bahwa masyarakat Indonesia memiliki minat baca rendah, dibuktikan dengan indeks membaca masyarakat Indonesia hanya 0,001. Buku sebagai media bacaan adalah jendela dunia, yang artinya melalui buku, seseorang dipersilahkan masuk menatap dan menjelajah dunia yang sangat luas. Buibu Baca Buku Book Club sebagai komunitas yang mendukung budaya literasi terutama di kalangan perempuan berdiskusi mengenasi isu ini melalui Live Instagram Plain Feminism.


Rekaman Diskusi


Published by Puty

Mom, illustrator, content creator, book author & enthusiast. Based in Jakarta Greater Area, Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: