#BincangBukuIbupreneur Agustus – Superpower Ibu!

Bulan Agustus ini Ibu Punya Mimpi memilih tema ‘Merayakan Superpower Ibu’. Tema ini kemudian coba diadaptasi ke program kolaborasi #BincangBukuIbupreneur dengan Buibu Baca Buku. Kali ini pilihan bukunya pun istimewa, karena kalau biasanya buku yang direkomendasikan di program kolaborasi ini adalah buku yang sudah pernah dibaca dan dibahas oleh @bbbbookclub, ketiga buku ini diusulkan oleh tim Ibu Punya Mimpi yang memang sudah lama ada di daftar TBR alias ‘To Be Read’ BBB tapi belum diselesaikan.

Karena seperti yang menjadi jokes di kalangan komunitas penggemar buku -> TBR List = Terus BeRtambah List. He. He. He.

Bagi team Buibu Baca Buku, tantangan ini sangat sejalan dengan kepercayaan kami soal superpower: superpower ini bisa jadi muncul dan terlihat Ketika kita ada pada kondisi ‘tertantang’ atau kadang-kadang ‘kepepet’. Sering kita nggak tahu kalau kita bisa melakukan sesuatu sampai akhirnya terpaksa dan baru menyadari, “Oh, aku bisa!”

Sering kita nggak menyadari kalau kita sebetulnya bisa ‘jualan’ sampai ‘terpaksa’ jualan.

Nggak menyadari kalau kita sebetulnya bisa belajar ilmu baru sampai ‘terpaksa’ ikut program Ibu Punya Mimpi.

Nggak menyadari kalau kita sebetulnya bisa menuntaskan TBR list sampai tertantang di program #BincangBukuIbupreneur, ya kan? 
*

GRIT – Angela Duckworth
Scribner, 2016

Grit: The Power of Passion and Perseverance by Angela Duckworth, Paperback  | Barnes & Noble®

GRIT merupakan buku best-seller yang banyak dikutip dalam berbagai essay maupun buku tentang resiliensi dan kesuksesan. Buku yang ditulis oleh Angela Duckworth PhD ini memberikan validasi secara ilmiah bahwa kesuksesan tidak didasari oleh seberapa jenius atau berbakat seseorang namun pada kegigihan atas tujuan jangka panjang yang disebut ‘grit’.
*

Do Purpose – David Hieatt
Do Book, 2014


do purpose

Di buku ini, David Hieatt menuliskan banyak insight tentang membangun bisnis / brand yang didasari oleh purpose (tujuan), bukan untuk profit (keuntungan) semata. Menurut Hieatt, brand-brand terkemuka di dunia membuat kita, para pelanggan merasakan sesuatu. Brand-brand ini berdiri dan berjalan karena ingin melakukan sesuatu perubahan, dan kita, sebagai pelanggan juga ingin menjadi bagian dari perubahan tersebut.

Begitulah kekuatan ‘purpose’, yang bukan hanya akan dirasakan oleh pelanggan tapi juga bagaimana brand / bisnis kita akan hidup dan bercerita; berjuang dan bertumbuh.
*

Taking Care of Yourself (HBR Working Parents, #2)
Harvard Business Review Press, 2020

taking care of youself

Seperti seri buku HBR lainnya, ‘Taking Care of Yourself’ berisi kumpulan essay dan merupakan bagian dari sebuah seri: HBR Working Parents.

Buku ini membahas berbagai tantangan yang dihadapi oleh orang tua bekerja, baik di rumah maupun di pekerjaannya. Tulisan yang ditulis oleh beragam orang tua bekerja dapat memberikan kita gambaran dan saran tentang bagaimana mengelola Kesehatan fisik dan mental. Berdasarkan beberapa review di Goodreads, perbedaan situasi dalam setiap essay mungkin menjadikan kita tidak bisa ‘relate’ dengan semua bagian dari buku ini, namun akan menarik sekali sebagai bahan diskusi dan latihan berempati 


Diskusi melalui IG Live

Pada Selasa, 31 Agustus 2021, 16.00 WIB @bbbbookclub & @ibupunyamimpi melakukan diskusi melalui program Instagram Live, mengundang bintang tamu Nucha Bachri (@nuchabachri), CEO dan co-founder dari Parentalk.id. Simak rekaman obrolan mereka soal buku dan mimpi ibu setelah menikah pada IGTV berikut:


Published by Puty

Mom, illustrator, content creator, book author & enthusiast. Based in Jakarta Greater Area, Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: